Senin, 24 Agustus 2009

Networking

NETWORKING

Networking adalah membangun hubungan dengan orang lain atau organisasi yang berpengaruh terhadap kesuksesan pofesional maupun personal. Networking lebih dari sekadar berkenalan, melainkan berbagi potensi dan informasi, mendapatkan integritas dan mempengaruhi, dan menciptakan visi yang mengarahkan kemampuan masing-masing individu untuk melakukan sesuatu terhadap orang lain.

Networking merupakan salah satu kunci sukses dalam berorganisasi. Ibarat seperti laba-laba, ketika jaring-jaring yang ia buat semakin lebar dan meluas dimana-mana maka mangsa yang tertangkap pun akan semakin banyak. Begitu juga halnya dengan networking, apabila networking yang kita bangun dan pupuk semakin lebar dan meluas maka dengan mudah kita dapat mendayagunakan relasi kerja dalam melakukan dan meningkat hasil kinerja yang diinginkan.

Menurut Dr. Frank Minirth dalam bukunya yang berjudul You Can, networking adalah seni berkomunikasi satu sama lain, berbagi ide, informasi dan sumberdaya untuk meraih kesuksesan individu ataupun kelompok. “Networking is a process of getting together to get ahead. It is the building of mutually beneficial relationship. – Networking adalah proses kebersamaan. Selain itu networking merupakan jalinan hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan.”

Membangun Network

Untuk membangun network, pertama-tama kita harus mengetahui persis network apa yang hendak kita bangun. Kita harus memulainya dengan menemukan maksud atau misi kehidupan kita. Berdasarkan survei, 27% dari semua orang di dunia ini sama sekali tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam hidupnya. Enam puluh persen (60%) dari mereka mempunyai tujuan yang agak samar-samar, 10% dari mereka mempunyai tujuan yang jelas. Sisanya, 3% dari mereka bahkan menuliskan tujuan mereka. Orang yang menuliskan tujuan hidupnya tersebut sekarang memiliki hidup yang jauh lebih baik, penghasilan ribuan kali lebih besar dari yang lainnya. Untuk berhasil dalam kehidupan, kita perlu bantuan orang-orang di sekeliling kita. Dengan kata lain, sukses selalu merupakan suatu dari usaha tim.

Beberapa faktor pendukung yang dapat memicu kita untuk membangun network :

1. Faktor organisasi

2. Faktor bakat

3. Faktor tempat (teritorial)

4. Faktor ekonomi

5. Faktor aplikasi

6. Faktor psikologis

7. Faktor sosial

Strategi Networking

1. Reaktif

a. Menunggu ajakan dari luar

b. Menimpakan kesalahan pada orang lain

c. Membuat pilihan berdasarkan suasana hati (suka tidak suka ) dan keadaan

d. Menjadi korban

2. Netral

a. Melakukan networking setelah ada pihak lain yang melakukan

b. Menantikan sesuatu terjadi

c. Memikirkan masalah dan hambatan

d. Selalu terlambat dalam perubahan

3. Proaktif

a. Menjadi inisiator networking

b. Bertanggungjawab atas perilaku sendiri (di masa lalu, di masa sekarang dan di masa yang akan datang)

c. Memikirkan solusi dan pilihan

d. Membuat pilihan berdasarkan prinsip serta nilai bukan suka tidak

suka atau keadaan

e. Pelaku Perubahan

Keberhasilan Networking

Kesinambungan komunikasi dengan orang lain benar-benar kunci keberhasilan kita membangun networking. Berdasarkan sebuah penelitian, sebagian besar orang tidak akan pernah menyadari sedang memerlukan orang lain sebelum berkomunikasi dengan orang yang bersangkutan selama 8-10 kali. Jangan pula berkeinginan untuk menunda menjalin komunikasi dengan orang lain, karena selain tak mendapatkan hubungan baru kita juga akan kehilangan semangat baru.

Selain itu, prinsip yang harus kita pegang teguh dan terapkan dalam membangun networking adalah dengan menunjukkan bahwa kita mampu bekerja bersama-sama dan bekerja saling untung-menguntungkan, sehingga tidak ada istilah di salah satu pihak yang dianggap merasa lebih diuntungkan dan pihak yang dianggap merasa telah dirugikan. Apabila kita telah melakukan hal tersebut maka kita sama saja telah menggerogoti dan merobek-robek jala-jala/networking yang telah dibangun. Jadikan relasi kerja yang kita ajak kerja sama benar-benar merasa berkesan dan merasa nyaman dengan kinerja yang sama-sama kita laksanakan, sehingga apa yang kita dapatkan sekarang ini dapat bertahan dan bahkan bertambah apa yang telah kita laksanakan. Karena ketika seseorang merasa puas dengan apa yang ia lakukan, maka ia akan mengorbankan apa yang ia miliki demi mendapatkan kepuasan yang telah ia dapatkan kembali kepada dirinya.

Karakteristik atau ketrampilan yang dibutuhkan untuk membangun network yang baik :

a. Keterampilan berinteraksi

b. Keterampilan berkreasi dan berinovasi

c. Keterampilan menyelesaikan masalah

d. Keterampilan human relation

e. Keterampilan organisatoris

f. Keterampilan manajerial

g. Keterampilan bersosialisasi

“No bird soars too high if he soars with his own wings. – Tidak ada burung terbang terlalu tinggi bila ia terbang dengan sayap-sayapnya sendiri.”
~ William Blake

Tidak ada komentar:

Posting Komentar